MotoBike - Honda dan Yamaha merupakan dua merek yang selalu bersaing dalam hal penjualan unit. Tapi kali ini kedua merek asal Jepang tersebut sedang “akur” loh hehehe... Enggak percaya? Tengok saja motor drag racikan Hi Speed Corner ini. Meski basis mesin dan motornya pakai Honda Supra X, tapi blok dan head silindernya comot punya Yamaha Jupiter Z.
“Sengaja pakai head sama silinder Jupiter Z karena untuk mengejar kapasitas mesin,” buka Madun, yang meracik motor ini. “Orang-orang nyebutnya YaHo alias Yamaha-Honda,”tambahnya serasa tersenyum.
Maklum, silinder blok bawaan Supra terlalu kecil untuk dijejali piston Honda Tiger oversize 150 yang berdiameter 64,5 mm. Makanya Silinder comot pakai Jupiter Z yang punya ketebalan dinding silinder lebih. Nah, posisi baut mesin pun terpaksa bergeser dari tempat aslinya. Tentu supaya head dan silinder blok Jupiter bisa kuat menempel di crankcase Supra.
Enggak cuma piston saja yang diperbesar, langkah mesin pun diperpanjang. Caranya aplikasi kruk as dari Honda Karisma. “Tapi gue naikin lagi 3 mm, jadi total strokenya sekarang 61 mm,”kata Madun yang Betawi asli ini.
Guna mengimbangi kapasitas ruang bakar yang membengkak, karburator Keihin PWK dipasangkan. Enggak ketinggalan sistem pengapian turut diperbaiki dengan perpaduan CDI Rextor dan koil Protec.
Guna mengimbangi kapasitas ruang bakar yang membengkak, karburator Keihin PWK dipasangkan. Enggak ketinggalan sistem pengapian turut diperbaiki dengan perpaduan CDI Rextor dan koil Protec.
“Terakhir main dapet posisi keempat,”tutur pria kalem ini lagi. “Best time trek 201 m aja masih 8,8 detik. Masih kurang puas nih, jokinya juga belum dapat yang cocok sama motor,”tambahnya.
Riset terus bro!
Data Spesifikasi :
Karburator | Keihin PWK |
Pilot Jet | 60 |
Main jet | 115 |
Klep | 34/28 |
CDI | Rextor |
Koil | Protec |
Noken as | Custom |