image01
Uzumaki Naruto

Sage Mode

Naruto VS Sasuke

Siapa yang Terkuat?

Uchiha Sasuke

Mangekyou Sharingan

Jumat, 27 April 2012
0 komentar
Dawai
(Al Futuhat)

Hidup adalah ibadah
Dalam ayat-Nya Allah berfirman,
Wama kholaqtul jinna wal insa illa liya'bududun
Lama aku tidak percaya dengan ayat ini
Fikirku aku hanya disuruh shalat, puasa dan dzikir
Apalagiketika aku berfikir tentang ayat,
Wa'bud robbaka hatta ya'tiyakal yakin,
Demi Allah, aku tidak sanggup untuk beribadah terus menerus...
Aku bingung
Aku takut
Aku lari dari pendapatku sendiri
Suatu hari aku bertanya kepada guruku
Guruku mengatakan, "Tidak salah pendapatmu, tapi kurang".
Ketahuilah.....
Dalam ayat lain Allah juga berfirman
Wala tansa nasibaka minaddunya
Dan La yukallifullahu nafsan illa wus'aha
Jelas Allah tidak hanya menyuruh kitauntuksholat dan puasa
Allah juga menyuruh kita untukmencari dunia
Bahkan Allah melarang kita untuk membebani diri kita dengan beban yang berat
Sehingga kita tidak mampu memikulnya
Walaupun itu ibadah
Ketauhillah.....
Ibadahitu bukan bentuk lahirnya
Banyak perkara dunia yang berubah menjadi amal dunia karena niat
Banyak perkara yang kadang menurut kita tidak ada nilainya tetapi
Disisi Allah sangat berharga
Engkau makan,minum, tidur, cari nafkah, menikah
Tetapi di niati untuk menguatkan ibadah
Itulah arti Wama kholaqtul jinna wal insa illa liyakbudun
Dan engkau dapat istiqomah sholat, puasa, dzikir
Dengan bantuan makan, minum dan menikah
Itulah artiWa'bud robbaka hatta ya'tiyakal yaqin
Jikaengkau sholat, puasa tetapi tidak makan dan minum
Pasti engkau akan mati
bukankah ini bunuh diri dan jelas tidak ibadah ?
Engkau hanya sholat, puasa dan dzikir tetapi tidak menikah
Sehingga suatu ketika terjerumus zina, apakah arti semua ibadahmu ?
Ingatlah Allah pencipta manusia dengan ukuran dan aturan
Janganlah engkau mempertahankan kebodohanmu
Janganlah engkau hancur hanya karena pemahamanmu yang salah
Dan ingatlah pesan Allah Alladzina yastami'unal qoula
Fayattabi'una ahsanah.....

Orang-orang yang mendengarkan pendapat
Kemudian mengikuti pendapat yang paling bagus
Merekalah yang diberi petunjuk Allah
Dan merekalah orang-orang yang beruntung.....
Read more...

artikel

0 komentar

Cara Kerja Katup


klep

Katup atau bahasa Inggrisnya Valve atau bahasa bengkelnya Klep ini  adalah komponen terpenting dalam sebuah kendaraan. Klep berada pada  kepala silinder pada setiap kendaraan yang berbentuk seperti payung.  Klep terbagi menjadi 2 kerja, pertama adalah klep masuk dan yang kedua  adalah klep buang. Klep masuk fungsinya adalah untuk memasukan campuran udara dan bensin yang sudah  berbentuk kabut kedalam silinder mesin. Sedangkan klep buang adalah klep  yang berfungsi untuk membuang gas hasil pembakaran setelah piston  melakukan kompresi. Setiap kendaraan memiliki jumlah katup yang  berbeda-beda. Pada mobil-mobil kecil buatan Jepang tahun80an, biasanya  jumlah klep pada setiap silindernya ada 3 klep. Namun, sekarang ini  mobil-mobil buatan sekarang sudah mengadopsi 4 klep pada setiap  silindernya. Hal ini dilakukan untuk mempertinggi efisiensi volumetrik  sehingga pemanfaatan BBM dapat lebih efektif dan daya yang dihasilkanpun  semakin besar untuk mesin bersilinder sama. Sehingga bila suatu mesin  memiliki 4 silinder maka jumlah klep masuk dan buang berjumlah 16.  begitupun motor, pada motor-motor ber-cc biasanya memiliki 4 klep. 2  masuk dan 2 buang. Katup biasanya terbuat dari baja yang tahan panas dan  karat (Stainless Steel). Saat sedang melakukan kompresi, klep berfungsi  menutup lubang atau saluran pada silinder. Pada saat pembakaran  berakhir, klep buang segera membuka untuk mengalirkan gas sisa hasil  pembakaran menuju exhaust manifold. Setelah proses pembuangan selesai,  maka piston akan melakukan langkah isap dan klep isap-pun membuka untuk  memasukkan campuran udara dan bensin yang sudah mengabut menuju silinder  mesin. Setiap katup dari sebuah silinder melakukan gerakan membuka dan  menutup satu kali untuk setiap dua kali putaran poros engkol  (Crankshaft).
 Pada mesin berkonstruksi klep samping, katup-katup ini digerakkan  oleh penekan katup digerakkan oleh bos. Sedangkan pada mesin yang  menerapkan sistem katup diatas (SOHC/DOHC), penekan katup dan batang  penekan katup. Setelah diangkat sehingga terlepasdari tempat dudukannya,  katup-katup ini dikembalikan pada posisi semula oleh sebuah pegas. Pada  saat membuka, katup-katup itu akan terangkat dari dudukannya antara  5/16-3/8 inchi. Selain itu kerja katup bisa dikatakan berat. Seperti,  jika mesin berputar 7500 rpm, katup membuka dan menutup lebih dari  60kali/detik. Jika mesin digenjot hingga 10000 rpm , katup dipaksa  membuka dan menutup hingga lebih dari 80 kali/detik. Suhu katup bisa  mencapai 700 derajat Celcius.

Sumber : https://willycar.wordpress.com/2009/03/08/katup-cara-kerja-katup/
Kopling dan Cara kerjanya
29 Juli 2010 14:34

kopling1Kopling atau Clutch yaitu  peralatan transmisi yang menghubungkan poros engkol dengna poros roda  gigi transmisi. Fungsi kopling adalah untuk memindahkan tenaga mesin ke  transmisi, kemudian transmisi mengubah tingkat kecepatan sesuai dengan  yang diinginkan.


Dalam keadaan normal, dimana fungsi kopling bekerja dengan baik,  begitu pengemudi menekan pedal kopling, tenaga mesin akan di putuskan,  karena saat pedal ditekan maka gaya tekan itu akan mendorong release  fork dan release fork akan mendorong release bearing. Sehingga release  bearing akan mengangkat mendorong pegas diaprahgma dan preaseure palte,  clutch disc akan terlepas dengan flywheel. Serentak roda gigi akan  terlepas dari pengaruh putaran mesin. Kondisi inilah yang memungkinkan  terjadinya perpindahan roda gigi pada transmisi. Dewasa ini terdapat  berbagai jenis kopling diantaranya kopling gesek, kopling fluida, koping  sentrifugal, dan kopling magnet. Tetapi  yang paling banyak digunakan oleh kendaraan bermotor adalah jenis koping  gesek tipe plat dan kopling gesek tipe kerucut, dimana untuk kopling  tipe plat ini bisa berupa kopling plat basah dan kopling plat kering.  Kopling plat basah adalah kopling yang plat-platnya direndam dengan  minyak pelumas. Kebanyakan kopling jenis ini digunakan oleh sepeda  motor. Sedangkan jenis kopling plat kering adalah jenis kopling yang  plat-platnya tidak direndam oleh minyak pelumas. Umumnya digunakan pada  mobil dan sepeda motor tua buatan Eropa. kelebihan dari kopling plat  basah adalah tidak cepat aus, karena dilumasi oleh oli. Kekurangannya,  hambatan geseknya kurang sehingga tidak bisa memindahkan tenaga  seefektif kopling kering. Apalagi bila di tambahakan bahan aditif   pelicin, kopling bisa slip. Kopling kering cepat aus karena tidak  terkena oli tetapi tenaga pemindahan dari mesin ke roda gigi lebih baik.




Pada umunya, bagian utama kopling terdiri atas 3 macam, yaitu unit  kopling, tutup kopling, dan unit pembebas. Unit kopling terdiri atas  plat kopling, plat tekan, dan pegas kopling. Tutup kopling diikat oleh  roda gila, sedangkan didalamnya dipasangkan pada roda poros persneling  dan ditempatkan diantara roda gila dan plat tekan. Plat tekan akan  menekan plat kopling terhadap roga gila dengan adanya tekanan dari  pegas-pegas koping. Peranti ini dibuat dari bahan besi tuang dimana  bagian permukaannya dibuat halus dan rata. Sedangkan plat kopling di  buat untuk memberikan gesekan yang besar pada roda gila dan plat tekan  serta ditempatkan diantara keduanya. Pada kedua permukaan plat kopling  ini dipasangkan kampas dan dikeling dengna paku keling, dan biasanya  pada permukaan platnya di beri kepingan logam. Fungsinya adalah untuk  memperkuat dan juga untuk menyalurkan panas. Selain itu, pada bagian  tengah plat kopling terdapat pegas torsi. Pegas torsi berfungsi untuk  mengurangi kejutan-kejutan yang terjadi pada waktu kopling bekerja dan  untuk mencegah kemungkinan pecahnya plat kopling atau kerusakan  lainnya  seperti bengkoknya plat kopling.


Unit pembebas terdiri atas garpu pembebas, bantalan, dan tuas untuk  menarik plat tekan sehingga membebaskan kopling.


File:Pull type clutch.jpg


Cara kerja kopling adalah apabila mesin berputar, dengan sendirinya  roda gila ikut berputar, sedangkan pada roda gaya ini dipasangkan tutup  kopling yang tentunya juga ikut berputar. Dalam hal ini poros roda gigi  atau poros utama persneling belum dapat berputar, demikian juga dengna  plat kopling yang dipasang dengan perantaraan suatu alur pada poros  tersebut yang memungkinkannya bergerak sepanjang poros persneling.  Selanjutnya, apabila kita ingin menggerakkan roda, hal ini dapat  dilakukan dengna mengoperasikan pedal, dimana pada waktu pedal di angkat  pegas-pegas kopling akan menekan plat tekan pada roda gila. Hal ini  yang menyebabkan plat kopling tersebut terjepit diantara roda gila  dengna plat tekan. Plat ini mulanya akan slip, dan bergesekan dengan  roda gila maupun plat tekan akan tetapi selanjutnya secara bertahap akan  ikut terbawa berputar dan selanjutnya akan memutar poros utama  persneling.

Sumber :http://willycar.wordpress.com/2009/03/20/kopling-dan-cara-kerjanya/

Katup/Klep dan NOK


 



Katup atau klep merupakan salah bagian terpenting  dari mesin, utamanya yang  bekerja dengan prinsip empat langkah (4-tak).  Fungsinya sama dengan klep pada jantung manusia. Klep inilah yang  mengatur jumlah bahan bakar dan udara yang dapat masuk ke dalam mesin  dan setelah itu dikonversi menjadi tenaga.



Selanjutnya, klep juga bertugas mengatur “ampas” pembakaran untuk  dibuang  sehingga campuran bahan bakar dan udara yang masih segar dapat  masuk dengan lancar ke mesin. Untuk mengatur, energi baru yang akan  dibakar dan ampas dibuang, dilakukan oleh klep yang berbeda. Namanya,  klep isap dan buang.

Karena klep sangat menentukan kinerja dan  performa mesin, jumlahya dijadikan sebagai senjata andalan untuk dijual.  Karena itulah muncul istilah, mesin multiklep. Maksudnya, mesin yang  punya klep lebih dari dua atau sepasang. Kini, sudah biasa mesin  menggunakan 4 atau 5 klep untuk setiap silindernya.




Nok
Dari segi kerja, tugas katup tampak  sederhana: buka dan tutup. Namun untuk membuka dan menutup silinder,  katup harus dilengkapi mekanisme lainnya. Sebagai contoh, untuk  mendorong katup, digunakan mekanisme yang disebut bubungan, nok  atau  kem. Sebaliknya agar klep kembali ke posisi semula setelah disundul oleh  nok, harus digunakan pegas. Nah, kedua komponen inilah yang berkembang  teknologinya pada mesin-mesin modern, termasuk di arena adu cepat!

Nok  yang berbentuk gunungan - bila dilihat dari sisi penampangnya -  menentukan tinggi dan lamanya katup membuka. Bagian ini pula yang  kemudian memunculkan nama-nama seperti VTEC  (Variable Valve Timing and  Lift Electronic Control), VVT-i (variable valve timing with  -inteligent), Vanos dan sebagainya.

Pengembangan lebih lanjut  dari cari kerja nok itu bertujuan untuk memperoleh efisiensi maksimal  mesin. Misalnya, dari putaran terendah (stasioner) sampai paling tinggi  (gas ditekan habis), tidak jauh berbeda. Tepatnya mesin harus luwes dan  dapat mengikuti perubahan tanpa masalah berarti.

Ujud nok yang  tetap dan bekerja secara mekanis,  tidak dapat mengikuti perubahan.  Meski begitu, dengan mengubah atau mengeser bagian tertentu dari  komponen tambahan untuk mengatur kerja nok, tinggi dan lamanya menyundul  juga bisa berubah (adjustable). Masalahnya, dengan teknologi  ini,  konstruksi mesin jadi rumit. Bila digunakan di arena balap yang keras,  akan menimbulkan masalah baru.

Sebenarnya, pada mesin sekarang,  dengan sistem SOHC (single overhead camshaft) atau DOHC (double overhead  camshaft), kerja poros bubungan atau nokken as lebih gampang.  Komponen  langsung berhubungan dengan katup atau pengatur katup, misalnya,  mangkok (bucket) dan pelatuk (rocker arm). Sebelumnya, poros bubungan  berada di tengah silinder.

Akibatnya, birokrasi kerja komponen  katup bertelel-tele. Karena antara nok dan pelatuk ada lagi tangkai  pendorong (push rod). Pada mesin moderen yang bekerja dengan putaran  tinggi, cara tersebut tidak cocok karena akan menimbulkan berbagai  masalah. Salah satunya, tangkai pendorong katup akan bengkok.


Read more...
0 komentar

Read more...

Popular Posts